[Book Review] Resist Your Charms

102562_f
source : google.com

Judul : Resist Your Charms

Author : Ega Dyp

Penerbit : Bentang Pustaka

Jumlah halaman : 336

Cetakan pertama, September 2017

Sinopsis

Baru kali ini Kinar menemui cowok yang super-nyebelin seperti Romeo. Dia arogan, pemarah, tukang ngatur, dan suka seenaknya sendiri. Bagi Kinar, nggak ada yang menarik dari cowok itu, kecuali tampang ganteng. Poin itu bahkan nggak berpengaruh lagi bagi Kinar karena kelakuan minus cowok itu.

Sialnya, adik perempuan Kinar yang baru masuk SMA Pelita malah jatuh hati sejatuh-jatuhnya kepada Romeo. Mau tak mau, Kinar harus turun tangan. Ia nggak mau adiknya sampai terluka perasaan.

Apesnya lagi, gara-gara mengambil tindakan bodoh agar dapat menjamin kebahagiaan adik tersayangnya, Kinar malah menjerumuskan diri ke dalam masalah baru. Percayalah, nggak ada hal yang lebih buruk daripada terpaksa berada dalam ikatan perjanjian dengan orang nomor satu yang paling kamu benci.

Hallo folks! 🙂 Ketemu lagi denganku a.k.a Novi si blogger yang jadwal post blognya acak-acakan 😀 So sekitar sebulan yang lalu aku diberi kesempatan untuk menjadi host event Obrolin Buku di akun Instagramku. Karena disana aku hanya membahas sepenggal-sepenggal dalam waktu 5 hari, kini aku membahas full reviewnya di sini. Say hip hip horray!! Jadi seperti apa sih novel ini? Kita bahas sekarang, yuk!

Pertama, alur cerita. Seperti sinopsis di atas, Resist Your Charms merupakan cerita kontemporer. Romansa anak SMA yang diceritakan dengan sudut pandang orang kesatu, yaitu Kinara.  Berawal dari Kania, adik Kinara yang memuja-muja musuh Kinara sebagai cowok sempurna yang diidam-idamkannya. Sebagai kakak, Kinara merasa punya kewajiban untuk mewujudkan keinginan adik satu-satunya itu, dengan harapan ia bisa membahagiakan adiknya. Mindset Kinara tersebut memaksanya untuk mengesampingkan egonya dan meminta bantuan pada Romeo, musuh bebuyutannya. Tentu saja Romeo tidak langsung mengiyakan permintaan Kinara. Dia (Romeo) memberi syarat agar Kinara mau menjadi asisten pribadi Romeo selama ia dekat dengan Kania. Meski merasa tidak rela menjadi asisten pribadi Romeo, Kinara tetap menyetujui persyaratan itu tanpa mengetahui bahwa perjanjian konyol ini akan menjadi bumerang baginya di kemudian hari. Overall ceritanya ringan dan mudah dinikmati. Tipikal cerita Wattpadlit. Oh iya, untuk kamu yang belum tahu. Novel ini merupakan cerita dari Wattpad dan dicetak dalam bentuk buku fisik oleh penerbit. Tentu saja setelah melalui beberapa proses seperti editing, dsb.

Dari segi karakter, novel Resist Your Charms ini menggambarkan tokohnya dengan baik dan realistis. Tidak berlebihan seperti wattpadlit kebanyakan. Tokoh Kinara, Romeo, dan Kania digambarkan persis sesuai bagaimana kehidupan anak remaja yang semestinya. To be honest, aku suka dengan aspek yang satu ini. Ya mengingat fenomena wattpadlit yang merajalela dengan konten yang terkadang tidak sesuai dengan target pembaca.

Untuk setting, overall bagus. Aku bisa merasakan feelingnya. Meski ceritanya ringan dan hanya berputar dari sekolah – rumah Kinara/Romeo – dan sesekali tempat lain, Resist Your Charms ini cukup membolak-balikkan perasaanku saat membacanya. Mulai dari tertawa saat ada bagian yang lucu, lalu senyum-senyum sendiri saat ada gombalan receh yang dilontarkan Romeo, hingga kesal sampai ingin melempar bukunya saat aku menjumpai bagian yang menjengkelkan. Perpaduan yang bagus untuk sebuah bacaan ringan penghilang stress.

Nah dari penjelasan di atas, aku bisa menarik kesimpulan akan kelebihan dan kekurangan dari novel Resist Your Charms ni.

Kelebihan :

  • Plotnya menarik.
  • Alur ceritanya pas, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
  • Character buildingnya terasa & tidak berlebihan.
  • Plot twist yang tidak disangka-sangka.

Kekurangan :

  • Ada beberapa pemborosan kalimat, seperti beberapa kalimat yang bisa disingkat menjadi satu kalimat saja, atau kalimat yang secara tak sadar berulang-ulang sehingga memberi kesan menyebalkan (setidaknya bagiku).

Nah guys, bagaimana? Ceritanya menarik, kan? Yuk beli bukunya di toko buku favoritmu. Hindari membeli yang bajakan ya guys. Hargai karya orang lain 🙂 Cukup sekian untuk ulasan hari ini. See you on my next review, folks! 

May the odd be ever on your favor 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s